Prokrastinasi Yang Membunuhmu

Saat quarantine gini, apa sih yang kalian kerjain selama waktu luang? Mungkin kamu bermain game, Belajar, Atau melakukan kegiatan yang kamu senangi. Selama yang kamu lakuin itu positif, that's good. 

Oh iya. Kamu pernah ga sih, ga ngelakuin apa- apa tapi, bawaannya capeeekkk aja. Rasanya tuh pengen rebahan terus, padahal dari tadi kerjaan cuman scrolling IG doang, hehe. Dan nyatanya, tugas masih numpuk, mana besok ulangan, nasib-nasib. Nah, kalo kamu pernah kayak gini, berarti ada sesuatu yang salah, entah memang kondisi kita yang lagi kurang sehat, atau mood kita lagi ga baik, atau mungkin juga, energi kita habis buat sesuatu yang kurang penting. Maksudnya, kita kurang tepat buat manfaatin energi yang ada pada diri kita.

 

 "Terus gimana dong, cara manfaatin energi kita bener- bener diwaktu yang tepat? Kita kan gabisa ngontrol energi kita."

Nah, sebelum itu. Kita harus tau dulu, 

Apa sih kerjaan kita yang mendesak?

Apa sih yang harusnya lebih dulu kita kerjain?

Apa dengan leha- leha, tugasku yang minggu kemaren numpuk bisa selesai?

 gambar : https://medium.com/@uisehatmental/11-kalau-bisa-nanti-kenapa-harus-sekarang-edc814c3f58d

 

Disini aku ga nyuruh kamu ngerjain tugas seharian dan melarang kamu buat rebahan, ya. Tapi yang kutekankan disini, Kamu harus tau apa yang kamu prioritasin, tanpa membuang hal yang pengen kamu lakuin. Contohnya gini, kamu berencana ngerjain tugas hari ini, biar ga numpuk  besok. Tapi pas kamu udah mau ngerjain tugas, Eh, notif IG muncul. Ada yang mau follow kamu, tuh. Ah, bentar aja lah, kepo sama yang mau follow.  Dan tanpa disadari, kamu sudah berjam- jam membuka IG. Disaat kamu ingat kalau kamu ternyata ingin mengerjakan tugas hari ini, kamu sudah keburu malas. 

Nah, disinilah maksudnya kalau kamu kehabisan energi buat ngerjakan tugas. Ini juga erat kaitannya dengan kondisi mood  kamu. Energi kamu yang pada awalnya ingin kamu pakai untuk mengerjakan tugas, malah habis di Instagram yang mana itu ga berarti apa- apa buat kamu, apalagi kalau habis ngeliat postingan yang bikin kamu sedih, kan jadi badmood. Akhirnya, makin hari makin males, makin numpuk,  sampai H-1 baru mikir. 

Kemarin- Kemarin aku ngapain aja sih? 

Lalu mulailah kamu mengerjakan dengan menggerutu, pusing, dan harus dikumpul besok pula. Mulailah kamu menyalahkan orang- orang yang bersangkutan. Cepet banget, sih dikumpul tugasnya, mana banyak banget lagi, kepaksa deh begadang malem ini, tugas mulu asli, kapan sih tugas ini selesai, ga sanggup aja lagi, tugas kek ginian bikin stress. 

Kenyataannya, kitalah yang membuat diri kita ini menjadi stress, kitalah yang sering menunda- menunda waktu yang berharga ini. Maka dari itu, penting sejali membuat skala prioritas, kita tahu apa yang harus kita kerjakan terlebih dahulu. Toh, habis mengerjakan prioritas, kita malah bisa santai lebih lama bukan, tanpa perlu memikirkan tugas. Bukankah begitu?

Sifat menunda- nunda ini disebut prokrastinasi.

Dan, prokrastinasi ini ga cuman berlaku saat kamu ngerjain tugas. Menunda pekerjaaan yang mana bisa kamu lakuin sekarang juga disebut prokrastinasi.

Solusi nya gimana dong?  Nah kalian bisa lihat tabel dibawah ini

gambar : https://produktivitasdiri.co.id/antara-penting-dan-genting

Ditabel tersebut, kamu bisa isi sesuai kebutuhan kamu, ya. Yang mana yang seharusnya didahulukan, mana yang bisa dikerjakan nanti saja.

Dengan tabel tersebut, kamu bisa manfaatin energi kamu buat hal yang lebih penting dulu. Setelah itu, barudeh senang- senang!

Aku yakin, mungkin saja kamu bisa mengerjakan tugas tanpa menunda meskipun sebelumnya kalian bersantai terlebih dahulu. Tapi untuk kalian yang masih sering menunda- nunda, aku sarankan kalian menuliskan tabel seperti ini. Semoga berhasil! Yuk kita sama- sama membangun diri sendiri menjadi lebih positif. Stay safe teman- teman, dan terima kasih telah membaca blog ini!

- based on personal experience :D




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

What Must You Do When You Get Stuck During Learning A Subject?

How Tax Makes Us Life

How Self-awareness Matters For The Simple Things In Your Life